Memahami Fungsi dan Cara Menggunakan ISO Kamera HP

Memahami fungsi dan cara menggunakan ISO pada kamera hp. Pada kamera terdapat sebuah pengaturan hp yang bernama ISO.

Apakah kalian memperhatikan atau mengerti tentang ISO, jika belum mungkin karena kalian sering mengggunakan kamera hp atau smartphone dengan pada mode auto jadi tidak mempermasalahkan penggunaan ISO.

Pada pengaturan kamera auto maka ISO akan menyesuaikan secara otomatis tergantung dari cahaya yang masuk ke lensa kamera hp.

Meskipun demikian, pada kondisi tertentu penggunaan ISO secara otomatis dapat menghasilkan foto yang jelas dan jernih.

Pada prakteknya para fotografer profesional jarang menggunakan ISO tinggi.

Penggunaan ISO tinggi pada kamera dapat mengurangi kualitas foto karena pencahayaan yang masuk pada lensa kamera menjadi maksimal saat pencahayaan yang ditangkap oleh lensa kurang.

Penggunaan ISO tinggi mempermudah para pengguna kamera HP memotret obyek yang diinginkan terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup dengan ISO tinggi pada kamera hp.

Fungsi ISO Kamera HP atau Smartphone

Fungsi ISO pada kamera hp adalah untuk memperbesar dan memperkecil pencahayaan pada lensa.

Penggunaan ISO yang tinggi akan memperbesar cahaya yang masuk pada lensa sehingga hasil foto akan menjadi lebih terang.

Penggunaan ISO rendah atau kecil akan memperkecil cahaya yang masuk pada lensa sehingga hasil foto akan menjadi lebih redup atau cenderung gelap.

Menggunakan ISO rendah dapat digunakan saat kalian memotret obyek diluar ruangan yang memiliki pencahayaan yang berlebihan misalkan pada siang hari.

Dengan mengetahui fungsi ISO akan mempermudah pengguna kamera hp atau smartphone untuk menghasilkan foto yang dapat disesuaikan dengan kondisi pencahayaan pada obyek yang akan difoto atau pencahayaan pada lingkungan sekitar, misalnya di dalam ruangan yang minim cahaya dan diluar cahaya yang banyak cahaya.

Efek ISO Pada Kamera HP

Penggunaan ISO yang tidak tepat menyebabkan kualitas foto menjadi jelek terutama saat kalian ingin mengirim foto untuk dijual setelah kalian mendaftar shutterstock kontributor harus memiliki foto yang berkualitas agar foto diterima shutterstock.

Penggunaan ISO yang tinggi memberikan efek foto yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan terang namun jika foto di zoom maka dapat memberikan efek menjadi pecah pada gambar atau foto pada bagian-bagian obyek foto yang minim atau kurang pencahayaan terutama ketika saat memotret di dalam ruangan.

Cara Mengatur / Menggunakan ISO Pada Kamera HP

1. Buka kamera hp yang kalian gunakan, hp samsung, asus, oppo, xiaomi, nokia, sony atau lainnya.

2. Pilih pada bagian pengaturan, kemudian cari ISO.

3. Pilih ISO yang akan kalian gunakan ISO 100, 200, 400, 800 atau sesuaikan dengan pengaturan kondisi hp kalian.

4. Jika ISO tidak terdapat pada pengaturan, maka pilih pada mode pro atau manual seperti pada hp samsung.

5. Pilih ISO rendah jika obyek atau lingkungan foto memiliki pencahayaan yang cukup terang seperti saat di luar ruangan, atau dengan menggunaan cahaya lampu yang terang untuk pencahayaan di dalam ruangan.

6. Saat menggunakan ISO rendah atur juga pada EV atau exposure untuk menemukan tingkat pencahayaan yang cukup.

7. Pada siang hari untuk mengurangi pencahayaan yang berlebih maka kalian dapat mengurangi penggunaan ISO.

8. Jika menggunakan ISO secara otomatis maka ISO yang digunakan akan dimaksimalkan menjadi lebih tinggi.

9. Penggunaan ISO rendah digunakan untuk memotret obyek yang bergerak yang diselaraskan dengan pengaturan kecepatan atau speed yang tinggi.

Setelah kalian mengetahui apa itu ISO, fungsi ISO dan cara menggunakan ISO pada kamera hp maka selanjutnya kalian dapat menentukan nilai ISO yang akan digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas.