Tips Cara Menggunakan Pen Tool Di Photoshop

Inilah tips cara menggunakan pen tool di photoshop yang akan Milsmilo Blog berikan sekarang.

Saat menggunakan photoshop rasanya tidak lengkap kalau tidak menggunakan pen tool saat membuat desain.

Meskipun kebanyakan para pemula banyak yang merasa kesulitan atau enggan menggunakan pen tool karena belum terbiasa.

Belajar menggunakan pen tool membutuhkan kesabaran agar terbiasa dan mahir dengan pen tool.

Meskipun demikian pen tool photoshop sangat penting, mengingat fungsi pen tool dapat digunakan dalam banyak hal terutama saat ingin membuat obyek bebas, menyeleksi obyek yang tidak dapat dijangkau selection tool lainnya seperti lasso tool atau untuk menyeleksi obyek dengan bentuk yang komplek atau melengkung.

Jadi jika kalian belajar photohop maka kalian harus menguasi pen tool atau tool photoshop lainnya juga.

Prinsip Kerja Menggunakan Pen Tool Photoshop

Prinsip kerja untuk menggunakan pen tool pada photoshop adalah kalian dapat menggunakan dua mode, pertama mode path dan kedua mode shape.

Persamaan mode path dan mode shape adalah kedua-duanya dapat digunakan untuk membuat obyek.

Seperti apa kedua mode pen toool tersebut, inilah penjelasannya.

Pen Tool Mode Path

Pen tool mode path digunakan untuk membuat garis dengan pen tool dalam bentuk path.

Path adalah semacam garis bantu yang dapat digunakan untuk membentuk garis sehingga dengan path nantinya kalian dapat membuat bentuk gambar atau obyek menggunakan path pen tool.

Path pen tool juga digunakan untuk menyeleksi obyek yang dapat diaplikasikan untuk memperbanyak obyek dengan cara mengcopy atau menduplikat obyek. Seleksi pen tool dapat digunakan untuk menghapus obyek yang diseleksi.

Pen Tool Mode Shape

Pen tool pada mode shape digunakan untuk membuat shape secara langsung.

Mode shape akan mengisi warna atau stroke secara langsung pada obyek yang akan dibuat dengan pen tool.

Kalian dapat mengatur fill untuk mengisi warna obyek dan stroke (outline) untuk membuat garis dengan pen tool atau membuat garis tepi pada obyek jika kalian mengisi shape atau obyek dengan warna pada fill.

Setelah kalian mengetahui mode pen tool, maka bagaimana cara menggunakan pen tool untuk membentuk sebuah garis, obyek atau seleksi serta tombol apa yang digunakan untuk mendukung penggunaan pen tool.

Cara Menggunakan Pen Tool Di Photoshop

1. Buat lembar kerja atau artboard di photoshop terlebih dahulu.

2. Buat layer baru, pilih menu Layer,kemudian New. Tulis nama layer lalu OK atau tekan Shift+Ctrl+N (Windows) atau Shift+ Command+N (Mac).

3. Pilih icon Pen Tool atau tekan tombol P di keyboard selanjutnya akan muncul icon pen tool di artboard.

4. Pertama pilih mode path terlebih dahulu pada menu bar options pen tool.

5. Klik pada titik pertama sehingga muncul node pertama pada mouse yang diinginkan.

6. Selanjutnya klik pada titik kedua, jika kalian ingin membuat garis melengkung maka klik tahan dan seret pada mouse sampai garis path membentuk lengkungan dengan munculnya 2 handle pada node.

7. Jika ingin membuat 1 handle node pen tool dengan satu lengkungan saja maka hapus satu handle untuk mempermudah membuat garis lengkungnya.

8. Untuk menghapus salah satu handle pada node tekan tombol Alt (Windows) atau Option (Mac) lalu arahkan kursor pada titik atau node kemudian klik dan hasilnya salah satu handle pada node akan terhapus.

9. Untuk membuat handle node dengan kemiringan 45 derajat atau kelipatannya maka Tekan Shift di keyboard kemudian klik pada mouse dan tentukan sudut handle node 45 derajat atau kelipatannya yaitu 90, 135, 180 dan seterusnya.

10. Untuk membuat 1 handle lurus oen tool maka tekan tombol Alt (Windows) atau Option (Mac) kemudian klik tahan pada mouse kemudian sesuaikan arah handle node pen tool, jika tombol options tetap di tekan maka akan membentuk garis lurus pen tool.

11. Cara untuk menggeser atau memindahkan node atau garis path maka Tekan Ctrl (Windows) atau Command (Mac), arahkan kursor pada garis path atau node kemudian klik kiri tahan pada mouse.

Disini kalian dapat mengedit node atau garis path dengan menggeser atau memindahkan node dan garis path pen tool dengan mudah.

Cara Menggunakan Pen Tool Photoshop Pada Mode Shape

1. Pilih mode shape pada options bar photoshop.

2. Jika kalian ingin memberi warna pada shape atau obyek ayng akan dibentuk maka pada Fill pilih warna yang akan digunakan. Kalian dapat menentukan bentuk atau pola warna solid, gardient, patern atau No Fill atau tanpa warna.

3. Untuk membuat garis tepi atau stroke dengan pola warna yang dipilih, mengatur ketebalan garis tepi atau stroke, serta bentuk garis seperti garis putus-putus.

4. Tentukan juga align garis, caps dan corners stroke menggunakan pen tool.

Setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan pen tool di photoshop, maka hal yang harus dilakukan adalah kalian harus berlatih menggunakan pen tool hingga mahir dan terbiasa.