Cara Mnggunakan Lasso Tool (Selection) di Photoshop

Inilah tips bagaimana cara menggunakan lasso tool di photoshop. Lasso tool adalah sebagai salah selection tool pada photoshop.

Karena fungsi lasso tool di photoshop sebagai selection tool maka lasso tool digunakan untuk menyeleksi suatu objek, yaitu menyeleksi obyek secara bebas dengan mengarahkan lasso tool pada obyek yang akan diseleksi.

Lasso tool biasanya digunakan untuk memilih pada bagian obyek yang tidak luas atau obyek yang kecil.

Setelah obyek diseleksi selanjutnya kalian dapat menduplikat obyek, menghapus obyek atau menghapus background, atau memisahkan obyek yang dipilih dengan lasso tool.

Selanjutnya inilah tips cara menggunakan lasso tool photoshop.

Cara Menggunakan Lasso Tool Di Photoshop

1. Buka photoshop, kemudian pilih obyek yang akan di seleksi

2. Pilih File Open lalu pilih Foto atau gambar di laptop kalian.

3. Klik icon lasso tool pada tool bar atau tekan shortcut L di keyboard.

4. Menyeleksi obtek dengan lasso tool, caranya klik kiri tahan pada mouse lalu arahkan kursor pada obyek yang akan diseleksi kemudian temukan pada titik awalnya sehingga muncul garis seleksi putus-putus.

5. Setelah kalian menyeleksi obyek maka untuk menduplikat obyek kalian dapat menekan tombol Ctrl+J di keyboard.

6. Untuk menghapus obyek yang diseleksi maka tekan tombol Delete di keyboard.

7. Untuk memisahkan obyek yang di seleksi maka tekan Ctrl+X kemudian tekan Ctrl+V di keyboard untuk menampilkan kembali obyek yanng akan dipisahkan.

8. Untuk memisahkan obyek maka obyek harus berformat gambar bitmap atau raster. Obyek vector tidak dapat diseleksi menggunakan lasso tool seperti obyek shape yang dibuat menggunakan ractangle tool (R) dan teks atau type menggunakan Text Tool (T)

9. Jika kalian ingin menggunakan lasso tool namun seleksi yang dilakukan gagal karena format gambar atau foto tidak editable karena bukan gambar raster atau bitmap maka kalian harus melakukan rasterize layer obyek, shape atau teks terlebih dahulu.

10. Jika kalian telah menyeleksi obyek namun ada bagian seleksi yang kurang masuk kedalam maka kalian dapat memperbaikinya sehingga seleksi masuk kedalam, caranya tekan tombol Alt (windows) atau Option (mac) kemudian seleksi dengan lasso tool lalu Enter di keyboard dan hasilnya seleksi telah diperbaik dengan membentuk seleksi baru.

11. Untuk membalik seleksi pada bagian luar obyek maka kalian dapat melakukan Inverse dengan cara pilih menu Select lalu pilih Inverse atau tekan Shift+Ctrl+I (windows) atau Shift+Command+I (mac).

Cara Menggunakan Lasso Tool Selection Photoshop

Pada lasso tool di photoshop terdapat options untuk mempermudah penggunaan ini yaitu membuat seleksi baru, menambah seleksi, menambah seleksi pada bagian dalam area seleksi, serta mengambil seleksi baru.

1. New selection

New selection digunakan untuk membuat seleksi baru.

2. Add to selection

Add to selection digunakan untuk menambah seleksi baru yaitu membuat seleksi berikutnya menggunakan lasso tool.

3. Subtract from selection

Subtract from selection digunakan untuk menambah seleksi baru pada area didalam seleksi yang telah dibuat. Jadi disini lasso tool akan membatasi area yang tidak diseleksi pada bagian dalam obyek yang telah diseleksi.

4. Intersect with selection

Intersect with selection yaitu digunakan untuk mengambil seleksi yang telah dibuat dengan membuat seleksi baru.

Disini kalian dapat memperkecil area seleksi dengan menggunakan intersect with selection lasso tool.

Itulah tips cara menggunakan lasso tool di photoshop sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya kalian dapat mencoba dan belajar menggunakan lasso tool. Semoga bermanfaat.