Cara Membuat Double Stroke Di Photoshop Pada Tulisan

Inilah cara membuat double stroke di photoshop pada tulisan. Seperti diketahui bahwa stroke atau garis tepi sering di gunakan pada tulisan atau teks agar menjadi lebih menarik.

Membuat stroke di photoshop sangat mudah, disini kalian dapat menentukan garis pada tepi tulisan sesuai dengan keinginan kalian berupa warna stroke, ketebalan garis stroke text, dan motif garis tepi.

Photoshop memberikan kemudahan membuat stroke pada text melalui blending options atau layer style.

Hal yang terjadi adalah saat menggunakan stroke pada blending options hanya dapat membuat satu garis tepi pada tulisan dan tidak dapat membuat double stroke secara langsung melalui blending options, dan inilah cara membuat garie tepi ganda atau double stroke pada tulisan photoshop.

Cara Membuat Double Stroke Di Photoshop Pada Tulisan

1. Buat artboard atau lembar kerja baru terlebih dahulu.

2. Selanjutnya buat tulisan dengan text tool (T). Pada options text tool tentukan jenis huruf, ukuran huruf dan warna huruf terlebih dahulu.

3. Klik pada artboard kemudian kemudian buat tulisan atau text.

Setelah tulisan dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat stroke pada tulisan.

4. Aktifkan tab layer melalui menu Windows terlebih dahulu jika tab layer belum muncul.

5. Setelah itu pilih layer text atau tulisan, kemudian klik kanan pada mouse lalu pilih Blending Options.

6. Atau pilih Icon Add layer style pada tab layers lalu pilih Stroke. Atau melalui menu Layer > pilih Layer style > pilih Stroke.

7. Selanjutnya akan muncul kotak dialog layer style pada stroke. Atur ukuran stroke dengan pada Size, Atur juga pada Position dengan memilih letak garis stroke Outside, Inside atau Center.

8. Atur juga blend mode, opacity dan color atau warna tulisan lalu OK.

Setelah stroke pertama selesai maka mulai membuat double stroke dengan cara berikut ini.

9. Pilih layer tulisan, kemudian lakukan rasterize layer. Klik kanan pada mouse lalu pilih Rasterize Layer Style.

10. Selanjutnya buat stroke kedua, pilih icon Add layer style lalu pilih Stroke, atau melalui menu layer > layer style > stroke, atau melalui blending options > stroke. Kalian dapat tentukan lewat menu mana yang kalian pilih lebih mudah.

11. Buat stroke kedua dengan menentukan size, position, blend mode, opacity dan color lalu OK.

12. Hasilnya double stroke telah dibuat.

Jika kalian ingin membuat multiple stroke maka tambahkan stroke pada tulisan ketiga menjadi triple stroke text. Lakukan dengan mengulangi langkah-langkah membuat double stroke melalalui layer sytle, kemudian lakukan rasterize layer style, lalu buat stroke kembali melalui layer sytle.